9 Cara Sederhana Ini Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuhmu!

28 Feb 2016

9 Cara Sederhana Ini Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuhmu!
Saat ini musim hujan sudah datang, artinya musim flu pun juga sudah di depan mata. Kamu tidak dapat memperkirakan kapan orang-orang di sekitarmu terkena flu dan dapat menularkannya kepadamu. Meskipun begitu, kamu dapat penularan flu tersebut dengan cara-cara yang sederhana. Selain dengan rajin mencuci tangan, pertahanan terbaik dari infeksi flu adalah kebiasaan sehat yang sangat mudah dilakukan. Kebiasaan sehat tersebut akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan melindungi dari infeksi virus yang menyebabkan flu.

Berikut ini cara-cara sederhana untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan menghindari flu

1. Tidur cukup dan teratur
Saat perkejaan menumpuk, kadang kala Anda harus begadang dan mengurangi tidur. Namun, penelitian menunjukkan bahwa tidur terlalu larut malam dan tidak teratur dapat mengganggu sistem imunitas tubuh sehingga membuat Anda lebih gampang terserang virus. Jika sudah larut malam, segera matikan layar Anda dan segera tidur agar Anda dapat beristirahat teratur selama 7-8 jam perhari.

2. Makan lebih banyak bawang putih
Banyak orang yang tidak suka dengan aroma bawang putih yang menyebabkan bau mulut. Ternyata, mengkonsumsi bawang putih secara reguler memberikan keajaiban pada kesehatan tubuh Anda. Tidak hanya membooster sistem imu, beberapa peneliti dari University of Maryland Medical Center juga mengemukakan bahwa bawang putih dapat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.
Jika Anda ingin mengkonsumsi bawang putih dengan lezat, Anda bisa mencampurkan bawang putih ke dalam pasta atau roti. Anda juga dapat mencampur dengan lemon dan cabai untuk membuat sambal bawang yang lezat.

4. Minum manu, jahe, lemon, atau kunyit dengan air hangat.
Banyak mitos mengatakan bahwa minum-minuman tersebut merupakan obat alami untuk flu. Apakah hal tersebut hanya mitos?
Sebuah review yang diterbitkan oleh jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa madu mengandung antioksidan yang berperan sebagai peningkat daya tahan tubuh secara alami. Jahe, selain kaya antioksidan dan dapat melindungi dari infeksi virus, ternyata juga dapat memperbaiki sistem pencernaan sehingga dapat mengurangi rasa mual. Begitu juga dengan air lemon yang kaya akan vitamin C. Mayo Clinic menemukan bahwa lemon yang kaya akan antioksidan ini dapat mencegah serangan flu. Studi yang lain juga menemukan bahwa kunyit yang mengandung zat curcumin juga dapat membantu menyeimbangkan daya tahan tubuh.


4. Makan Sup Ayam
Anda suka makan sup ayam? Ternyata masakan lezat ini memiliki efek anti inflamasi. Para ahli dari University of Nebraska Medical Center menemukan efek anti peradangan tersebut dalam campuran sayuran, rempah-rempah, dan ayam ini. Peneliti dari UCLA juga menambahkan bahwa carnosine, sebuah zat aktif yang terkandung dalam dada ayam, dapat mencegah serangan flu.

5. Jadikan olahraga sebagai hobi rutin Anda
Kamu tidak perlu menjadi olahragawan yang harus ke gym setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cukup dengan jalan kaki, yoga, atau senam 30 menit selama 5 hari dalam seminggu, akan membuat Anda selalu fit dan menjaga daya tahan tubuh Anda.
US National Library of Medicine mengatakan bahwa olahraga rutin dapat mencegah Anda dari tertularnya infeksi virus yang dapat menular melalui udara. Olahraga meningkatkan sirkulasi sel darah putih yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh sehingga mempercepat sistem imun Anda dalam mendeteksi infeksi.

6. Nikmati secangkir teh
Menikmati secangkir teh di sore hari pasti sangat menyenangkan dan membuat Anda lebih relaks. Kebiasaan minum teh ini ternyata memberi banyak manfaat. Sebuah studi yang dilansir WebMD menemukan bahwa alkylamines yang terkandung dalam teh dapat menguatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi.

7. Sarapan sehat dengan yogurt
Kandungan probiotik yang terkandung dalam yoghurt telah terbukti membantu sistem daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Science and Medicine in Sport menunjukkan bahwa atlet yang mengkonsumsi probiotik setiap hari 40% lebih kuat terhadap infeksi saluran nafas atas dan infeksi sistem pencernaan. Anda dapat mencampur yogurt dengan sarapan sehat seperti sereal.

8. Berjemur sinar matahari pagi
Sinar matahari yang mengaktifkan vitamin D ternyata tidak hanya bermanfaat untuk tulang Anda. Vitamin D juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Untuk mengaktifkan vitamin D alami, Anda hanya perlu berjemur sekitar 15-30 menit. Hal itu bisa Anda lakukan sembari olahraga pagi di luar rumah.

9. Perbanyak tersenyum
Jangan terlalu serius dalam menghadapi pekerjaan sepanjang hari. Luangkan waktu untuk becanda atau menikmati acara humor sehingga senyum Anda dapat terkembang. Sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2007, membuktikan bahwa senyum merupakan obat paling mudah dan murah. Dengan tersenyum, Anda kan menurunkan hormon stress. Hormon ini dapat mengganggu sistem imun. Dengan berkurangnya stress, Anda telah menjaga daya tahan tubuh Anda secara alami.

Ternyata sungguh mudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda dengan cara alami dan sederhana. Kebiasaan manakah yang akan Anda lakukan hari ini?


TAGS daya tahan tubuh olahraga yoghurt flu


-

Author

Follow Me